LAPORAN PENJUALAN

 1. Pengertian Laporan Penjualan

Pada dasarnya, sales report merupakan segala informasi tentang penjualan yang tersusun rapi baik transaksi penjualan per pelanggan maupun perinciannya untuk selanjutnya dapat dianalisis. Data dan analisis yang tersusun dalam laporan sangat berharga untuk proses pengambilan keputusan. 
Pada umumnya, report ini berisi informasi segala periode sales, harga jual barang, jumlah barang yang terjual, total penjualan masing-masing barang, dan total penjualan keseluruhan. Dari hasil laporan tersebut juga dapat mendorong produktivitas, peningkatan kualitas dan volume, serta peningkatan hasil produksi, dengan demikian laporan ini dapat Anda gunakan untuk bahan evaluasi apakah sales dalam satu periode tertentu mengalami peningkatan atau penurunan

2. Fungsi dan Manfaat Sales Report

Adapun beberapa manfaat dari laporan penjualan sebagai berikut:

  • Menggambarkan kondisi bisnis. Naik dan turunnya penjualan bisa dipantau dengan lebih akurat.
  • Bahan evaluasi. Data penjualan selalu diperbaharui setiap harinya sehingga kebiasaan pelanggan bisa dibaca dengan lebih jelas untuk meningkatkan proses pemasaran produk.
  • Bentuk pertanggungjawaban. Dengan adanya bukti transaksi seperti nota, kuitansi, faktur, dan dalam bentuk lainnya sehingga berbagai transaksi keuangan bisa dipertanggung jawabkan.
  • Meningkatkan produktivitas. Perusahaan bisa menentukan target untuk hari-hari kedepannya sehingga bisa meningkatkan produktivitas antar pekerja untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih baik lagi.
  • Sebagai dasar acuan mengambil keputusanStrategi yang tepat untuk meningkatkan penjualan barang juga bisa didapatkan dari informasi laporan ini.
  • Menunjukkan kredibilitas perusahaan. Sales repot yang tepat dan akurat adalah bukti bahwa perusahaan mampu beroperasi dengan baik.




Komentar